Saturday, February 25, 2012

Sejarah perkembangan computer




     Awal mula computer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang professor matematika inggris, CHARLES BABBAGE. Babbage membuat mesin diferensial (difference engine) yang digunakan untuk melakukan perhitungan persamaan diferensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin ini dapat menyimpan program dan melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Setelah bekerja selama sepuluh tahun, babbage membuat computer general purpose yang pertama, yang disebut analytical engine. Analytical engine merupakan alat komputasi pertama yang menggunakan kartu yang dilubangi untuk menyimpan data.
     Herman Hollerith pada tahun 1890 dari biro sensus amerika berhasil menciptakan mesin punched card counting yang menggunakan punch card (kartu perforasi/berlubang-lubang) sebagai media datanya. Penemuan punch card sebagai media datanya ini merupakan penemuan yang gemilang dalam sejarah computer.
     Pada tahun 1944 Howard aiken dari howard university yang bekerja sama dengan international business machine (IBM), berhasil menciptakan sebuah mesin computer yang mampu melaksanakan serangkaian operasi aritmatika secara otomatis. Mesin ini dinamakan Mark 1.
     Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, komputerpun mengalami kemajuan. Bentuk fisik computer dari waktu-kewaktu semakin kecildan penggunaan daya pun semakin hemat. Perkembangan teknologi computer dapat dikelompokkan sebagai berikut:
komputer Generasi pertama
    Computer generasi pertama dikembangkan pada saat perang dunia ke dua. Computer generasi ini memiliki ciri bahwa system operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komuter memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut bahasa mesin (machine language). Hal ini menyebabkan computer sulit untuk di program dan membatasi kecepatannya. Computer pada genersi ini membutuhan banyak daya listrik. Contohnya adalah electronic numerical integrator and computer (ENIAC) yang membutuhkan daya 160 kw.ciri lain dari computer generasi pertama adalah penggunaan tabung vakum yang membuat computer tersebut berukuran sangat besar. Selain itu, computer pada masa itu pun memiliki silinder magnetic yang digunakan untuk menyimpan data. Contoh computer generasi pertama adalah: mark 1, mark II, mark III, IBM 702, IBM 704, dan IBM 709.
komputer generasi kedua
     pada computer generasi kedua, tabung vakum telah di hilangkan dan di gantikan oleh transistor. Akibatnya, ukuran computer berkurang drastis. Pada computer generasi kedua telah terjadi pula pengembangan memori anti magnetic yang membantu pengembangan computer menjadi lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih dapat menghemat energy di banding pendahulunya. Computer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggunakan kode biner.
     Computer generasi kedua telah memiliki komponen-komponen yang dapat di asosiasikan dengan computer saat ini, seperti: printer, penyimpanan dalam disket, memori, system operasi, dan program. Pada masa ini juga mulai berunculan beberaa bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman ini meggantikan kode mesin yang rumit dengan kata –kata , kalimat dan formula matematika yang lebih mudah di pahami oleh manusia. Bahasa pemrograman ang bisa di gunakan adalah common business-oriented language(COBOL) dan formula translator (FORTRAN). Seiring dengan itu, berbagai macam karir baru, seperti: programmer, analis, dan ahli system computer bermunculan. Contoh computer generasi kedua adalah IBM 7070, IBM 7080, dan NCR 300.
komputer Generasi ketiga
     Komponen transistor yang digunakan pada computer generasi kedua di gantikan dengan integrated circuit(IC). Hal ini karena transistor menghasilkan panas yang cukup besar yang dapat merusak bagian-bagian internal kompuer. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silicon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Ilmuwan pun berhasil memasukkan lebih banyak komponen kedalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Akibatnya computer menjadi semakin kecil.
     Kemajuan computer pada genersi ketiga lainnya adalah penggunaan system operasi. System operasi ini memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasikan memori computer. Selain itu, ciri computer pada genersi ketiga adalah memiliki harga yang murah dan penggunaan listrik yang lebih hemat. Contoh: UNIVAC 1109, UNIVAC 9000, dan BURROUGHS 5700.
komputer Generasi keempat
     Pada generasi ini, tujuan pengembangan computer adalah megecilkan ukuan sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Computer sudah menggunakan large scale integration (LSI). LSI dapat memuat ratusan komponen dalam sebah chip. Kemempuan untuk memasang banyak komponen dalam chip telah mendorong menurunnya harga komute. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisien, danketerandalan computer. Cirri lain yang dimiliki komuter pada generasi keempat adalah di kembangkanna computer mikro yang menggunakan microprosessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori computer.
     Pada masa ini juga IBM mulai memperkenalkan personal computer(PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Komputer pun melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari computer yang ada di atas meja (desktop computer) menadi computer yang bisa di masukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan computer yang dapat di genggam (Palmtop). Selain IBM, perusahaan APLE-machintosh mempopulerkan system general user interface (GUI) pada komputernya. Macintosh pun memperkenalkan penggunaan piranti mouse.
     Yang termasuk computer generasi keempat adalah IBM 370, aple II, IBM PC/XT, IBM PC/AT, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM PC/486, Pentium I, II, III, IV, AMD k6, dan AUTHLON.
komputer Generasi kelima
     Computer genersi kelima masih dalam pengembangan. Komponen yang digunakan adalah VLSI (very large scale integration). Computer pad generasi ini akan dikembangan kepada computer yang dapat menerjemahkan bahasa manusia, bercakap-cakap dengan manusia, dan dapat melakukan diagnosa penyakit dengan lebih akurat. Selain itu, computer ini juga diramalkan dapat berpikir dan mempunyai perasaan sama seperti manusia.

No comments:

Post a Comment